health news

11 Pengobatan Sakit Telinga yang Efektif

Sakit telinga bisa melemahkan, tetapi tidak selalu membutuhkan antibiotik. Pedoman peresepan untuk infeksi telinga telah berubah dalam lima tahun terakhir. Anak Anda bahkan mungkin tidak diberi resep antibiotik.

Tidak semua infeksi telinga disebabkan oleh bakteri atau memerlukan obat resep. Faktanya, Anda dapat menemukan semua bantuan yang Anda butuhkan di rumah Anda dengan perawatan seperti:

  • pereda nyeri yang dijual bebas
  • kompres dingin atau hangat
  • minyak zaitun
  • latihan leher
  • Jahe
  • Bawang putih
  • hidrogen peroksida

Berikut adalah 11 pengobatan rumahan dan perawatan over-the-counter untuk sakit telinga.

 

1. Pereda nyeri over-the-counter

American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan pereda nyeri over-the-counter (OTC) seperti ibuprofen dan acetaminophen untuk mengendalikan rasa sakit yang terkait dengan jenis infeksi telinga yang menyakitkan yang disebut otitis media akut (AOM).

Mereka aman digunakan dengan atau tanpa antibiotik, tapi pastikan untuk mengikuti petunjuk dosis pada label. Obat-obatan ini juga dapat membantu menurunkan demam.

Baca di forum infeksi atau berkonsultasi dengan dokter Anda tentang dosis yang tepat untuk anak-anak. Versi anak-anak dan bayi tersedia untuk banyak pereda nyeri OTC. Tidak aman bagi anak di bawah usia 16 tahun untuk mengonsumsi aspirin.

 

2. Kompres dingin atau hangat

Orang sering menggunakan kompres es atau kompres hangat, seperti bantal pemanas atau kain lap basah, untuk menghilangkan rasa sakit. Hal yang sama bisa dilakukan untuk sakit telinga. Metode ini aman untuk anak-anak dan orang dewasa.

Letakkan kompres es atau kompres hangat di atas telinga dan bergantian antara hangat dan dingin setelah 10 menit. Jika Anda lebih suka dingin atau hangat, Anda bisa menggunakan satu kompres saja.

 

3. Minyak zaitun

Penggunaan minyak zaitun untuk sakit telinga adalah pengobatan tradisional. Tidak ada bukti ilmiah yang kuat untuk membuktikan bahwa tetesan minyak zaitun di liang telinga dapat meredakan sakit telinga. Tetapi meletakkan beberapa tetes minyak zaitun hangat di telinga aman dan bisa cukup efektif, menurut AAP.

Sebaiknya diskusikan metode ini dengan dokter Anda terlebih dahulu, terutama untuk anak-anak. Pastikan minyak zaitun tidak lebih hangat dari suhu tubuh Anda dengan menggunakan termometer. Ini akan membantu Anda menghindari gosong.

 

4. Obat tetes naturopati

Tetes telinga naturopati terbuat dari ekstrak herbal. Obat ini dapat ditemukan di internet dan di beberapa toko obat. Sebuah studi awalTrusted Source menemukan bahwa tetes yang mengandung ekstrak herbal dalam basis minyak zaitun bisa sama, atau bahkan lebih, efektif seperti obat tetes telinga OTC tradisional.

 

5. Perawatan chiropractic

Jika Anda pergi ke chiropractor untuk penyesuaian, Anda mungkin menemukan bahwa janji temu Anda dapat meredakan sakit telinga Anda sama seperti sakit punggung Anda.

Sebuah anggota dari forum kesehatan Amerika menemukan bahwa 93 persen dari mereka menunjukkan peningkatan setelah penyesuaian chiropraktik. Dari anak-anak, 43 persen dari mereka merasa lebih baik setelah hanya satu atau dua sesi.

The Mayo Clinic memperingatkan bahwa belum ada studi klinis jangka panjang yang mengaitkan pengobatan chiropractic dengan berkurangnya nyeri telinga.

 

6. Tidur tanpa membebani telinga

Beberapa posisi tidur akan memperparah rasa sakit akibat infeksi telinga, sementara beberapa dapat membantu meredakannya. Tidur dengan telinga yang terkena terangkat alih-alih menghadap ke bawah ke arah bantal. Ini dapat membantu mengeringkan telinga dengan lebih baik jika perlu.

Anda juga bisa tidur dengan posisi kepala terangkat dengan menggunakan bantal ekstra. Ini juga dapat membantu telinga terkuras lebih cepat.

 

7. Latihan leher

Beberapa sakit telinga disebabkan oleh tekanan di saluran telinga. Latihan leher tertentu dapat digunakan untuk meredakan tekanan ini. Latihan rotasi leher sangat bermanfaat.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan latihan rotasi leher:

  • Duduk tegak dengan kedua kaki rata di lantai.
  • Secara perlahan putar leher dan kepala Anda ke kanan sampai kepala Anda sejajar dengan bahu Anda.
  • Putar kepala Anda ke arah lain, sampai kepala Anda sejajar dengan bahu kiri Anda.
  • Angkat bahu Anda tinggi-tinggi seolah-olah Anda mencoba menutupi telinga dengan bahu.
  • Lakukan gerakan perlahan, tahan dengan lembut sambil meregangkan lebih banyak selama lima hitungan, lalu rileks.
  • Ulangi ini sesering mungkin selama jam bangun tidur.

 

8. Jahe

Jahe memiliki sifat antiinflamasi alami yang dapat membantu meredakan nyeri akibat sakit telinga. Oleskan jus jahe, atau minyak saring yang telah dihangatkan dengan jahe di dalamnya, di sekitar liang telinga luar. Jangan langsung dimasukkan ke telinga.

 

9. Bawang putih

Bawang putih memiliki khasiat antibiotik dan pereda nyeri. Rendam bawang putih yang dihancurkan selama beberapa menit dalam minyak zaitun atau minyak wijen hangat. Saring bawang putih dan oleskan minyak ke saluran telinga.

 

10. Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida telah digunakan sebagai obat alami untuk sakit telinga selama bertahun-tahun. Untuk menggunakan metode pengobatan ini, masukkan beberapa tetes hidrogen peroksida ke telinga yang terkena. Biarkan selama beberapa menit sebelum mengalir ke wastafel. Bilas telinga Anda dengan air suling bersih.

 

11. Gangguan

Jika itu adalah seorang anak yang sedang berjuang melawan sakit telinga, lakukan yang terbaik untuk membuatnya nyaman dengan mengalihkan pikirannya dari rasa sakit tersebut.

Anda mungkin ingin:

  • memutar film favorit mereka
  • bawa pulang buku mewarnai baru
  • mandi busa dengan banyak mainan
  • biarkan mereka memainkan game di ponsel atau tablet Anda
  • ambil camilan favorit mereka
  • cukup temukan hal-hal lain untuk mereka fokuskan

Jika anak Anda sudah cukup umur, tawarkan mainan untuk gigi yang didinginkan untuk dikunyah.

Cara ini juga berhasil untuk orang dewasa. Manjakan diri Anda dengan buku bagus atau film favorit untuk mengalihkan pikiran dari sakit telinga.

Penyebab

Ada banyak kemungkinan penyebab sakit telinga. Kemungkinan penyebab yang relatif umum meliputi:

  • gigi berlubang
  • infeksi sinus
  • kotoran telinga
  • tonsilitis
  • menggeretakkan gigi

Infeksi telinga yang paling umum adalah otitis media akut (AOM), atau infeksi telinga tengah.

Ini ditandai dengan bagian telinga tengah yang bengkak dan terinfeksi. Rasa sakit yang terkait dengan OMA disebabkan oleh cairan yang terperangkap di belakang gendang telinga. Gejala mungkin termasuk:

  • demam
  • nyeri di dalam telinga
  • gangguan pendengaran ringan
  • merasa sakit secara umum

Bayi dan anak-anak mungkin gelisah, rewel, dan menarik telinganya.

Kapan menggunakan pengobatan rumahan

Obat rumahan terbaik untuk sakit telinga tergantung pada penyebabnya. Jika gigi berlubang adalah penyebabnya, sakit telinga Anda mungkin tidak akan membaik sampai Anda menemui dokter gigi. Namun, jika itu adalah infeksi telinga, menggunakan obat alami dapat membuat penyakit tersebut dapat tertahankan saat tubuh Anda melawan infeksinya.

Banyak infeksi telinga sembuh dengan sendirinya dalam waktu sekitar satu atau dua minggu, dengan gejala mulai membaik setelah beberapa hari. Pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter anak anak Anda jika anak Anda mengalami sakit telinga, terutama jika mereka berusia di bawah 2 tahun.

Jika anak Anda mengalami demam tinggi, atau jika demamnya berlangsung lebih dari satu hari, segera cari perawatan medis. Demam tinggi pada anak-anak didefinisikan sebagai:

 

Usia Metode pengukuran

Suhu

bayi berusia kurang dari 3 bulan rektal 100,4ºF (38ºC) atau lebih
anak-anak berusia 3 bulan rektal 102ºF (38.9ºC) atau lebih
anak-anak dari segala usia oral, rektal, atau dahi 104ºF (40ºC) atau lebih

 

 

Dokter Anda dapat memberikan panduan apakah Anda harus mencoba pengobatan rumahan terlebih dahulu atau mempertimbangkan penggunaan antibiotik.

Bawa pulang

Meskipun tidak banyak bukti tentang pengobatan alternatif untuk sakit telinga, banyak pengobatan rumahan yang dapat meredakan nyeri.